Senin, 18 April 2011

Jenis Pasar



Sebelum membahas terlalu jauh ke dalam studi pemasaran, ada baiknya berhenti sejenak untuk mempertimbangkan berbagai jenis pasar yang ada.

Pasar dapat dianalisis melalui produk itu sendiri, atau konsumen akhir, atau keduanya.  Perbedaan yang paling umum adalah antara pasar konsumen dan industri.

Pasar Konsumen

Pasar konsumen pasar untuk produk dan jasa yang dibeli oleh individu untuk mereka gunakan sendiri atau keluarga.  Barang dibeli di pasar konsumen dapat dikategorikan dalam beberapa cara:

barang-barang konsumen yang bergerak cepat ( " FMCG 's " )

- Ini adalah volume tinggi, nilai unit yang rendah, cepat pembelian kembali
- Contohnya termasuk: makanan Siap, Baked Beans; Koran

Konsumen durable

- ini memiliki volume yang rendah tetapi nilai unit tinggi.  Durable Konsumen sering dibagi lagi menjadi:
- barang Putih ( misalnya lemari es - pembeku, kompor, mesin pencuci piring, microwave )
- Brown barang ( misalnya pemutar DVD, konsol game, komputer pribadi )


• Soft barang
- barang Soft mirip dengan barang konsumen, kecuali bahwa mereka aus lebih cepat dan karena itu memiliki siklus penggantian yang lebih pendek
- Contohnya termasuk pakaian, sepatu

• Layanan ( misalnya tata rambut, dokter gigi, perawatan anak )

Pasar Industri

Industri pasar melibatkan penjualan barang antara perusahaan.  Ini adalah barang yang tidak ditujukan langsung pada konsumen.  Industri pasar termasuk

• Penjualan barang jadi
- Contohnya termasuk mebel kantor, sistem komputer

• Menjual bahan baku atau komponen
- Contohnya termasuk baja, batubara, gas, kayu

• Jual jasa untuk bisnis
- Contohnya termasuk pembuangan limbah, keamanan, akuntansi jasa hukum &

Industri pasar seringkali memerlukan strategi pemasaran yang sedikit berbeda dan campuran.  Secara khusus, bisnis mungkin harus fokus pada sejumlah kecil pembeli potensial ( misalnya Direktur TI yang bertanggung jawab untuk memesan peralatan komputer dalam sebuah grup multinasional ).  Sedangkan pemasaran konsumen cenderung ditujukan untuk pasar massal ( dalam beberapa kasus, jutaan pelanggan potensial ), pemasaran industri cenderung berfokus.

Versi Bahasa Inggris

types of market

Before delving too deep into the study of marketing, it is worth pausing to consider the different types of market that exist.

Markets can be analysed via the product itself, or end-consumer, or both. The most common distinction is between consumer and industrial markets.

Consumer Markets

Consumer markets are the markets for products and services bought by individuals for their own or family use. Goods bought in consumer markets can be categorised in several ways:

• Fast-moving consumer goods (“FMCG's”)

– These are high volume, low unit value, fast repurchase
– Examples include: Ready meals; Baked Beans; Newspapers

• Consumer durables

– These have low volume but high unit value. Consumer durables are often further divided into:
– White goods (e.g. fridge-freezers; cookers; dishwashers; microwaves)
– Brown goods (e.g. DVD players; games consoles; personal computers)

• Soft goods 

– Soft goods are similar to consumer durables, except that they wear out more quickly and therefore have a shorter replacement cycle
– Examples include clothes, shoes

• Services (e.g. hairdressing, dentists, childcare)

Industrial Markets

Industrial markets involve the sale of goods between businesses. These are goods that are not aimed directly at consumers. Industrial markets include


• Selling finished goods

– Examples include office furniture, computer systems


• Selling raw materials or components

– Examples include steel, coal, gas, timber


• Selling services to businesses

– Examples include waste disposal, security, accounting & legal services

Industrial markets often require a slightly different marketing strategy and mix. In particular, a business may have to focus on a relatively small number of potential buyers (e.g. the IT Director responsible for ordering computer equipment in a multinational group). Whereas consumer marketing tends to be aimed at the mass market (in some cases, many millions of potential customers), industrial marketing tends to be focused.


sumber : tutortoyou

0 comments:

Posting Komentar