Senin, 18 April 2011

Mendefinisikan Pasar

Analisis pasar - mendefinisikan pasar

Semua bisnis beroperasi di " pasar ".  Tapi apa pasar?  Dan bagaimana hal itu dapat didefinisikan?

Sangat penting untuk berhati-hati tentang bagaimana pasar didefinisikan.  Proses pemasaran sebagai berikut kunci bergantung pada definisi pasar yang relevan:

- Ukuran pangsa pasar
- Ukuran ukuran pasar dan pertumbuhan
- Menentukan target pelanggan
- Mengidentifikasi pesaing yang relevan
- Merumuskan strategi pemasaran

Sebuah pasar dapat didefinisikan sebagai berikut:

Pasar A adalah himpunan semua pembeli aktual dan potensial dari suatu produk atau jasa.

Definisi ini menunjukkan bahwa pasar adalah nilai total dan / atau volume produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan yang sama.


Sebagai contoh, jika kebutuhan pelanggan adalah " sarapan makan ", maka pasar bersangkutan dapat didefinisikan sebagai " Pasar Makanan Sarapan ".  Banyak produk akan relevan untuk mengukur dan menganalisa pasar seperti itu:

- Sarapan Sereal
- Nutrisi Bar
- Bubur / Oats
- Spesialis Roti ( misalnya croissant )
- Cepat - makanan Outlet melayani sarapan

Dalam mendefinisikan pasar, adalah penting untuk tidak fokus hanya pada produk / jasa yang saat ini memenuhi kebutuhan pelanggan.  Sebagai contoh, produsen tombol yang percaya bahwa pasar mereka adalah " pasar tombol " akan membuat beberapa keputusan pemasaran miskin kecuali dia telah melihat kedatangan produk seperti Velcro dan ritsleting - yang juga memenuhi kebutuhan yang sama - " untuk mengikat pakaian " .

Berpikir tentang kebutuhan pelanggan pertama - dan kemudian mengidentifikasi produk yang memenuhi kebutuhan tersebut - adalah cara terbaik untuk mendefinisikan pasar.

Namun, juga penting untuk tidak mendefinisikan pasar yang terlalu luas.  Sebagai contoh, itu tidak terlalu membantu bagi seorang manajer pemasaran untuk menentukan pasar nya sebagai " pasar makanan " atau " pasar transportasi ".  Tujuan dari definisi pasar adalah untuk menyediakan suatu kerangka kerja berarti bagi analisis dan pengambilan keputusan.

Sebagai contoh, mempertimbangkan " pasar hiburan ".  Kebutuhan pelanggan akan " dihibur ".  Ada banyak produk dan jasa yang dapat mengklaim untuk memenuhi yang perlu dengan cara yang berbeda:


Di rumah:
- Televisi
- Radio
- Video
- DVD
- Permainan konsol

Diluar Rumah:
- Bioskop
- Teater
- Theme Parks
- Opera
- Olahraga Acara

Hal ini penting untuk menghindari terlalu luas definisi pasar.  Sebagai contoh, akan lebih mudah ditangani manajer pemasaran di pasar olahraga untuk lebih menyempurnakan definisi pasar mereka ke kelas yang lebih rinci atau segmen.

Untuk membantu menghitung pangsa pasar, definisi berikut sangat membantu:


Produk kelas - misalnya  komputer, televisi, liburan

Produk subclass - misalnya  laptop, televisi digital, liburan jarak jauh

Produk merek - misalnya  Dell, Panasonic, Kuoni

Kuoni sebagai merek, untuk tujuan mengukur pangsa pasar, hanya berkaitan dengan agregat dari semua merek perjalanan lainnya yang memenuhi kelompok yang sama pelanggan.  Namun, Kuoni juga perlu menyadari tren dalam liburan jangka panjang dan pasar liburan pada umumnya.

Versi Bahasa Inggris


market analysis - defining the market


All businesses operate in “markets”. But what is a market? And how can it be defined?

It is important to be careful about how a market is defined. The following key marketing processes rely on a relevant market definition:

- Measuring market share
- Measuring market size and growth
- Specifying target customers
- Identifying relevant competitors
- Formulating a marketing strategy


A market can be defined as follows:

A market is the set of all actual and potential buyers of a product or service.

This definition suggests that a market is the total value and/or volume of products that satisfy the same customer need.

For example, if the customer need is “eat breakfast”, then the relevant market could be defined as the “Breakfast Food Market”. Many products would be relevant to measuring and analysing such a market:

- Breakfast Cereals
- Nutrition Bars
- Porridge / Oats
- Speciality Breads (e.g. croissants)
- Fast-food Outlets serving breakfast


In defining a market, it is important not to focus only on products/services that currently meet the customer need. For example, the button manufacturer who believed that their market was the “button market” would have made some poor marketing decisions unless he had seen the arrival of products such as Velcro and zips – which also satisfy the same need – “to fasten clothes”.

Thinking about customer needs first – and then identifying the products that meet those needs – is the best way to define a market.

However, it is also important not to define a market too broadly. For example, it is not particularly helpful for a marketing manager to define his or her market as the “food market” or the “transport market”. The purpose of market definition is to provide a meaningful framework for analysis and decision-making.

For example; consider the “entertainment market”. The customer need is to be “entertained”. There are many products and services that can claim to meet that need in different ways:

At home:
- Television
- Radio
- Video
- DVD
- Games Consoles


Outside the Home:
- Cinema
- Theatre
- Theme Parks
- Opera
- Sporting Events


It is important to avoid too broad a definition of a market. For example, it will be more manageable for marketing managers in the sporting events market to further refine their market definition into more detailed classes or segments.

To help with calculating market share, the following definitions are helpful:

Product class – e.g. computers, televisions, holidays

Product subclass – e.g. laptops, digital televisions, long-haul holidays

Product brands – e.g. Dell, Panasonic, Kuoni

Kuoni as a brand, for the purposes of measuring market share, is only concerned with the aggregate of all other travel brands that satisfy the same group of customers. However, Kuoni also needs to be aware of the trends in long haul holidays and the holiday market in general.

sumber : tutortoyou

0 comments:

Posting Komentar