Senin, 18 April 2011

Jenis Prantara Distribusi

distribusi - Jenis prantara Distribusi

Pengantar

Ada berbagai perantara yang mungkin terlibat sebelum produk mendapat dari produsen asli untuk pengguna akhir.  Ini dijelaskan secara singkat di bawah ini:

Pengecer

Pengecer mengoperasikan outlet bahwa perdagangan langsung dengan pelanggan rumah tangga.  Pengecer dapat digolongkan dalam beberapa cara:

• Jenis barang yang dijual ( misalnya pakaian, kelontong, mebel )
• Jenis layanan ( misalnya self- service, counter - service )
• Ukuran ( misalnya sudut toko; superstore )
• Kepemilikan ( misalnya swasta independen; publik dikutip kelompok ritel
• Lokasi ( misalnya desa, kota - pusat, out - of- kota )
• Merek ( misalnya merek ritel nasional, lokal satu - toko name)

Grosir

Grosir stok berbagai produk dari beberapa produsen.  Peran pedagang grosir adalah menjual ke pengecer.  Grosir biasanya mengkhususkan diri pada produk-produk tertentu.

Distributor dan dealer

Distributor atau dealer memiliki peran yang mirip dengan grosir - yang mengambil produk dari produsen dan menjual mereka.  Namun, mereka sering menjual ke konsumen akhir daripada pengecer.  Mereka juga biasanya memiliki berbagai produk yang jauh lebih sempit.  Distributor dan dealer sering terlibat dalam memberikan pelayanan purna jual.

Waralaba

Waralaba adalah bisnis independen yang mengoperasikan produk bermerek ( biasanya layanan ) dalam pertukaran untuk biaya lisensi dan bagian dari penjualan.

Agen

Agen menjual produk dan jasa dari produsen dengan imbalan komisi ( persentase dari pendapatan penjualan )

Versi Bahasa Inggris


distribution - types of distribution intermediary

Introduction

There is a variety of intermediaries that may get involved before a product gets from the original producer to the final user. These are described briefly below:
Retailers

Retailers operate outlets that trade directly with household customers. Retailers can be classified in several ways:
• Type of goods being sold( e.g. clothes, grocery, furniture)
• Type of service (e.g. self-service, counter-service)
• Size (e.g. corner shop; superstore)
• Ownership (e.g. privately-owned independent; public-quoted retail group
• Location (e.g. rural, city-centre, out-of-town)
• Brand (e.g. nationwide retail brands; local one-shop name)


Wholesalers

Wholesalers stock a range of products from several producers. The role of the wholesaler is to sell onto retailers. Wholesalers usually specialise in particular products.

Distributors and dealers
Distributors or dealers have a similar role to wholesalers – that of taking products from producers and selling them on. However, they often sell onto the end customer rather than a retailer. They also usually have a much narrower product range. Distributors and dealers are often involved in providing after-sales service.

Franchises
Franchises are independent businesses that operate a branded product (usually a service) in exchange for a licence fee and a share of sales.

Agents
Agents sell the products and services of producers in return for a commission (a percentage of the sales revenues)

sumber: tutortoya

0 comments:

Posting Komentar