Minggu, 17 April 2011

Brand - Nama Merek

Pengantar

Bagaimana seharusnya nama merek dipilih?  Apakah nama itu penting?

Teori Pemasaran menunjukkan bahwa ada tiga jenis utama nama merek:

( 1 ) nama merek Keluarga:
Sebuah merek keluarga digunakan untuk semua produk.  Dengan membangun kepercayaan pelanggan dan loyalitas terhadap merek keluarga, semua produk yang menggunakan merek tersebut dapat manfaat.

Contoh yang baik termasuk merek dalam industri makanan, termasuk Kellogg 's, Heinz dan Del Monte.  Tentu saja, penggunaan merek keluarga juga dapat menimbulkan masalah jika salah satu produk mendapat publisitas yang buruk atau kegagalan di pasar.  Hal ini dapat merusak reputasi berbagai macam merek.


( 2 ) nama merek Perorangan:
Nama merek individu tidak mengidentifikasi merek dengan perusahaan tertentu.
Sebagai contoh, ambil kasus Heinz.  Heinz adalah produsen makanan terkemuka global dengan merek keluarga yang sangat kuat.  Namun, banyak juga mengoperasikan terkenal nama merek individu.  Contohnya termasuk Farleys ( makanan bayi ), Linda MacCartney Makanan ( makanan vegetarian ) dan Berat Watcher 's Makanan ( diet / makanan pelangsing dan suplemen ).

Mengapa Heinz menggunakan nama merek individu ketika telah seperti nama keluarga merek yang kuat?  Ada beberapa alasan mengapa merek perlu identitas terpisah - tidak berhubungan dengan merek nama keluarga:

• Produk ini dapat bersaing di segmen pasar baru dimana kegagalan dapat merugikan nama keluarga merek utama

• Nama merek keluarga mungkin diposisikan tidak tepat untuk segmen pasar sasaran.  Sebagai contoh nama merek keluarga bisa diposisikan sebagai merek kelas atas untuk konsumen makmur.

• Merek ini mungkin telah diperoleh, dengan kata lain ia telah menempatkan dirinya sebagai merek terkemuka di segmen pasar.  Fakta bahwa telah diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan nama merek keluarga yang kuat tidak berarti bahwa merek diakuisisi harus diubah.


Kombinasi nama merek ( 3 ):
Sebuah merek kombinasi menyatukan nama keluarga merek dan nama merek individu.  Idenya di sini adalah untuk menyediakan beberapa asosiasi untuk produk dengan nama merek keluarga yang kuat tetapi mempertahankan beberapa kekhasan sehingga pelanggan tahu apa yang mereka dapatkan.

Contoh nama merek kombinasi termasuk Microsoft XP dan Microsoft Office dalam perangkat lunak komputer pribadi dan Heinz Tomat Kecap dan Heinz Pet Foods.


Apa saja fitur dari nama merek yang bagus?

Nama-nama merek harus dipilih hati-hati karena nama tersebut memberikan banyak informasi kepada pelanggan.  Daftar berikut berisi pertimbangan yang harus dibuat sebelum membuat pilihan akhir nama merek:

Sebuah merek yang baik harus:

• Evoke positif asosiasi
• Jadilah mudah untuk diucapkan dan mengingat
• Sarankan manfaat produk
• Jadilah khas
• Gunakan angka ketika menekankan fitur teknologi
• Tidak melanggar ada nama-nama merek terdaftar

Versi Bahasa Inggris

brands - brand names

Introduction

How should brand names be chosen? Is the name important?

Marketing theory suggests that there are three main types of brand name:

(1) Family brand names:
A family brand name is used for all products. By building customer trust and loyalty to the family brand name, all products that use the brand can benefit.
Good examples include brands in the food industry, including Kellogg’s, Heinz and Del Monte. Of course, the use of a family brand can also create problems if one of the products gets bad publicity or is a failure in a market. This can damage the reputation of a whole range of brands.

(2) Individual brand names:
An individual brand name does not identify a brand with a particular company.
For example, take the case of Heinz. Heinz is a leading global food manufacturer with a very strong family brand. However, it also operates many well-known individual brand names. Examples include Farleys (baby food), Linda MacCartney Foods (vegetarian meals) and Weight Watcher’s Foods (diet/slimming meals and supplements).
Why does Heinz use individual brand names when it has such a strong family brand name? There are several reasons why a brand needs a separate identity – unrelated to the family brand name:

• The product may be competing in a new market segment where failure could harm the main family brand name
• The family brand name may be positioned inappropriately for the target market segment. For example the family brand name might be positioned as an upmarket brand for affluent consumers.
• The brand may have been acquired; in other words it has already established itself as a leading brand in the market segment. The fact that it has been acquired by a company with a strong family brand name does not mean that the acquired brand has to be changed.

(3) Combination brand names:
A combination brand name brings together a family brand name and an individual brand name. The idea here is to provide some association for the product with a strong family brand name but maintaining some distinctiveness so that customers know what they are getting.
Examples of combination brand names include Microsoft XP and Microsoft Office in personal computing software and Heinz Tomato Ketchup and Heinz Pet Foods.

What are the features of a good brand name?
Brand names should be chosen carefully since the name conveys a lot of information to a customer. The following list contains considerations that should be made before making a final choice of brand name:
A good brand name should:
• Evoke positive associations
• Be easy to pronounce and remember
• Suggest product benefits
• Be distinctive
• Use numerals when emphasising technological features
• Not infringe existing registered brand names


sumber :tutortoyou

0 comments:

Posting Komentar