Senin, 18 April 2011

Harga - Strategi Skimming

strategi penetapan harga - menggelapkan

Praktek 'harga skimming' melibatkan pengisian harga yang relatif tinggi untuk waktu singkat di mana produk baru, inovatif, atau jauh lebih baik diluncurkan ke pasar.

Tujuan dengan skimming adalah "skim" off pelanggan yang bersedia membayar lebih untuk produk cepat, harga diturunkan kemudian ketika permintaan dari "pengadopsi awal" jatuh.

Keberhasilan dari strategi harga skimming ini sebagian besar tergantung pada sifat kaku permintaan untuk produk baik oleh pasar secara keseluruhan, atau dengan segmen pasar tertentu.

Harga yang tinggi bisa dinikmati dalam jangka pendek di mana permintaan relatif inelastis.  Dalam jangka pendek manfaat pemasok dari 'monopoli keuntungan', tetapi dengan meningkatnya profitabilitas, pemasok bersaing mungkin akan tertarik ke pasar (tergantung pada hambatan untuk masuk di pasar) dan harga akan turun dengan meningkatnya persaingan.

Tujuan utama menggunakan strategi harga skimming Oleh karena itu, untuk mendapatkan keuntungan dari keuntungan jangka pendek tinggi (karena kebaruan produk) dan dari segmentasi pasar yang efektif.

Ada beberapa keuntungan harga skimming

• Apabila suatu produk yang sangat inovatif diluncurkan, penelitian dan pengembangan biaya yang cenderung tinggi, seperti biaya memperkenalkan produk ke pasar melalui promosi, dll iklan Dalam kasus tersebut, praktek harga-skimming memungkinkan untuk kembali beberapa  pada ongkos set-up

• Dengan pengisian harga tinggi awalnya, perusahaan dapat membangun citra yang berkualitas tinggi untuk produknya.  Mengisi harga awal yang tinggi memungkinkan perusahaan kemewahan mengurangi mereka ketika ancaman persaingan tiba.  Sebaliknya, harga awal yang lebih rendah akan sulit untuk meningkatkan tanpa risiko hilangnya volume penjualan

• Skimming bisa menjadi strategi efektif dalam segmentasi pasar.  perusahaan A dapat membagi pasar menjadi beberapa segmen dan mengurangi harga pada tahapan yang berbeda di masing-masing, sehingga mendapatkan keuntungan maksimal dari setiap segmen

• Dimana produk didistribusikan melalui dealer, praktek harga-skimming sangat populer, karena harga tinggi untuk pemasok dijabarkan ke dalam mark up tinggi untuk dealer

• Untuk 'barang prestise' 'mencolok' atau, praktek skimming harga bisa sangat sukses, karena pembeli cenderung 'gengsi' lebih sadar dari harga sadar.  Demikian pula, dimana perbedaan kualitas antara merek bersaing dianggap menjadi besar, atau untuk kurban di mana perbedaan tersebut tidak mudah dinilai, strategi skimming dapat bekerja dengan baik.  Contoh kedua akan bagi produsen pakaian 'desainer-label'.

Versi Bahasa Inggris


pricing strategies - skimming


The practice of ‘price skimming’ involves charging a relatively high price for a short time where a new, innovative, or much-improved product is launched onto a market.

The objective with skimming is to “skim” off customers who are willing to pay more to have the product sooner; prices are lowered later when demand from the “early adopters” falls.

The success of a price-skimming strategy is largely dependent on the inelasticity of demand for the product either by the market as a whole, or by certain market segments.

High prices can be enjoyed in the short term where demand is relatively inelastic. In the short term the supplier benefits from ‘monopoly profits’, but as profitability increases, competing suppliers are likely to be attracted to the market (depending on the barriers to entry in the market) and the price will fall as competition increases.

The main objective of employing a price-skimming strategy is, therefore, to benefit from high short-term profits (due to the newness of the product) and from effective market segmentation.

There are several advantages of price skimming

• Where a highly innovative product is launched, research and development costs are likely to be high, as are the costs of introducing the product to the market via promotion, advertising etc. In such cases, the practice of price-skimming allows for some return on the set-up costs

• By charging high prices initially, a company can build a high-quality image for its product. Charging initial high prices allows the firm the luxury of reducing them when the threat of competition arrives. By contrast, a lower initial price would be difficult to increase without risking the loss of sales volume

• Skimming can be an effective strategy in segmenting the market. A firm can divide the market into a number of segments and reduce the price at different stages in each, thus acquiring maximum profit from each segment

• Where a product is distributed via dealers, the practice of price-skimming is very popular, since high prices for the supplier are translated into high mark-ups for the dealer

• For ‘conspicuous’ or ‘prestige goods’, the practice of price skimming can be particularly successful, since the buyer tends to be more ‘prestige’ conscious than price conscious. Similarly, where the quality differences between competing brands is perceived to be large, or for offerings where such differences are not easily judged, the skimming strategy can work well. An example of the latter would be for the manufacturers of ‘designer-label’ clothing.

sumber :tutortoyou

0 comments:

Posting Komentar