Senin, 18 April 2011

Perencanaan Pemasaran - link dengan perencanaan strategis

Pengantar

Bisnis yang berhasil melakukannya dengan menciptakan dan mempertahankan pelanggan.  Mereka melakukan ini dengan memberikan nilai yang lebih baik untuk pelanggan dari kompetisi.

manajemen pemasaran selalu harus menilai mana pelanggan mereka berusaha untuk mencapai dan bagaimana mereka dapat merancang produk dan jasa yang memberikan nilai lebih baik ("keunggulan kompetitif").

Masalah utama dengan proses ini adalah bahwa "lingkungan" di mana bisnis beroperasi terus berubah.  Jadi bisnis harus beradaptasi untuk mencerminkan perubahan dalam lingkungan dan membuat keputusan tentang bagaimana mengubah bauran pemasaran untuk berhasil.  Proses adaptasi dan pengambilan keputusan dikenal sebagai perencanaan pemasaran.

Mana cocok perencanaan pemasaran dengan perencanaan strategis keseluruhan bisnis?

Perencanaan strategis (yang Anda akan mencakup dalam studi Anda dari "strategi" prihatin keseluruhan arah bisnis ini berkaitan dengan pemasaran, tentu saja.. Tapi juga melibatkan pengambilan keputusan tentang produksi dan operasi, keuangan, manajemen sumber daya manusia  dan isu-isu bisnis lainnya.

Tujuan dari rencana strategis adalah untuk menentukan arah suatu usaha dan menciptakan bentuk sehingga produk dan jasa yang menyediakan memenuhi tujuan bisnis secara keseluruhan.

Marketing memiliki peran penting untuk bermain dalam perencanaan strategis, karena itu adalah tugas manajemen pemasaran untuk memahami dan mengelola hubungan antara bisnis dan "lingkungan".

Kadang-kadang ini cukup mudah dilakukan.  Sebagai contoh, di banyak usaha kecil hanya ada satu pasar geografis dan sejumlah produk (mungkin hanya satu produk!).

Namun, mempertimbangkan tantangan yang dihadapi oleh manajemen pemasaran di bisnis multinasional, dengan ratusan unit usaha yang terletak di seluruh dunia, memproduksi berbagai macam produk.  Bagaimana manajemen seperti pemasaran mengendalikan pengambilan keputusan dalam suatu situasi yang kompleks?  Hal ini membutuhkan perencanaan pemasaran terorganisir dengan baik.

Apakah isu-isu kunci yang harus ditangani dalam perencanaan pemasaran?

Pertanyaan-pertanyaan berikut terletak di jantung dari setiap pemasaran (atau memang strategis) proses perencanaan:

• Di mana kita sekarang?
• Bagaimana kita sampai di sana?
• Di mana kita menuju?
• Di mana kita ingin menjadi?
• Bagaimana kita sampai di sana?
• Apakah kita di lapangan?

Mengapa perencanaan pemasaran penting?

Bisnis beroperasi di lingkungan yang tidak bersahabat dan semakin kompleks.  Kemampuan usaha untuk mencapai penjualan yang menguntungkan dipengaruhi oleh sejumlah faktor lingkungan, banyak yang saling terkoneksi.  Masuk akal untuk mencoba untuk menertibkan beberapa kekacauan ini dengan memahami lingkungan komersial dan membawa beberapa arti strategis untuk proses pemasaran produk dan jasa.

Sebuah rencana pemasaran berguna untuk banyak orang dalam sebuah bisnis.  Hal ini dapat membantu untuk:

• Mengidentifikasi sumber-sumber keunggulan kompetitif
• Keuntungan komitmen untuk strategi
• Dapatkan sumber daya yang dibutuhkan untuk berinvestasi dalam dan membangun bisnis
• Memberitahukan stakeholder dalam bisnis
• Tetapkan tujuan dan strategi
• Mengukur kinerja

Versi Bahasa Inggris


marketing planning - the link with strategic planning

Introduction

Businesses that succeed do so by creating and keeping customers. They do this by providing better value for the customer than the competition.

Marketing management constantly have to assess which customers they are trying to reach and how they can design products and services that provide better value (“competitive advantage”).

The main problem with this process is that the “environment” in which businesses operate is constantly changing. So a business must adapt to reflect changes in the environment and make decisions about how to change the marketing mix in order to succeed. This process of adapting and decision-making is known as marketing planning.

Where does marketing planning fit in with the overall strategic planning of a business?

Strategic planning (which you will cover in your studies of “strategy” is concerned about the overall direction of the business. It is concerned with marketing, of course. But it also involves decision-making about production and operations, finance, human resource management and other business issues.

The objective of a strategic plan is to set the direction of a business and create its shape so that the products and services it provides meet the overall business objectives.

Marketing has a key role to play in strategic planning, because it is the job of marketing management to understand and manage the links between the business and the “environment”.

Sometimes this is quite a straightforward task. For example, in many small businesses there is only one geographical market and a limited number of products (perhaps only one product!).

However, consider the challenge faced by marketing management in a multinational business, with hundreds of business units located around the globe, producing a wide range of products. How can such management keep control of marketing decision-making in such a complex situation? This calls for well-organised marketing planning.

What are the key issues that should be addressed in marketing planning?

The following questions lie at the heart of any marketing (or indeed strategic) planning process:

• Where are we now?
• How did we get there?
• Where are we heading?
• Where would we like to be?
• How do we get there?
• Are we on course?

Why is marketing planning essential?

Businesses operate in hostile and increasingly complex environment. The ability of a business to achieve profitable sales is impacted by dozens of environmental factors, many of which are inter-connected. It makes sense to try to bring some order to this chaos by understanding the commercial environment and bringing some strategic sense to the process of marketing products and services.

A marketing plan is useful to many people in a business. It can help to:

• Identify sources of competitive advantage
• Gain commitment to a strategy
• Get resources needed to invest in and build the business
• Inform stakeholders in the business
• Set objectives and strategies
• Measure performance

Sumber: tutortoYo

0 comments:

Posting Komentar